YUDISIUM DEPARTEMEN FISIKA PERIODE WISUDA MARET 2020

Departemen Fisika melakukan yudisium pertama di tahun 2020 pada hari Jum’at 13 Maret 2020. Yudisium dihadiri oleh seluruh calon wisudawan dan beberapa dosen. Dosen yang hadir di acara tersebut adalah Prof. Dr. Arifin, M.T., Prof. Dr. Bualkar Abdullah, M.Eng.Sc., Prof. Dr. Paulus Lobo Gareso dan Eko Juarlin, S.Si., M.Si.. Yudisium berlangsung sekitar satu jam. Jumlah peserta yudisium program sarjana 19 orang dan calon wisudawan program magister 4 orang.

Peserta Yudisium berfoto bersama di Physics Park

Muhammad Riswan adalah calon wisudawan dengan IPK tertinggi, yaitu 3,65. Judul penelitian Muhammad Riswan adalah Pengembangan Sumber Cahaya Ultraviolet Berbasis LED untuk Sistem Fotolitografi. Penelitian tersebut dilaksanakan atas kerjasama Departemen Fisika Unhas dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.  Muhammad Riswan menempuh studi selama tiga tahun enam bulan. Beberapa prstasi MuhammadRiswan adalah Pemenang Mawapres FMIPA Unhas 2018, Finalis PKM-KC pada PIMNAS XXX UNY 2018, peraih The Best Poster Presentation pada acara International Conference on Radar, Antenna, Microwave, Electronics and Telecommunication 2019 di Tangerang

Peserta yudisium program sarjana dari laboratorium elektronika dan instrumentasi empat orang, dari laboratorium material lima orang, dari laboratorium fisika teori dan komputasi satu orang dan dari laboratorium optik dan spektroskopi sembilan orang.

Dalam pesannya, Prof. Dr. Bualkar Abdullah, M.Eng.Sc. berpesan agar mahasiswa meninggalkan hal-hal buruk di departemen dan menyampaikan kepada ketua departemen lalu mengabarkan hal-hal baik tentang departemen fisika kepada masyarakat.

PHYSICS PARK DEPARTEMEN FISIKA DIRESMIKAN

Physics Park

Pada hari Rabu, 11 Maret 2020, Physics Park diresmikan. Peresmian dihadiri oleh Bapak Dekan, para Wakil Dekan, Kepala Bagian dan Kepala Sub Bagian lingkup FMIPA, para dosen, para mahasiswa. Dalam kata sambutannya, ketua departemen menceritakan secara singkat proses pembangunannya. Ke depannya, lantai di depan physics park akan dilapisi keramik supaya mahasiswa dapat belajar dengan baik. Lalu, Dekan menyampaikan terima kasih kepada Departemen Fisika atas upayanya mengindahkan lingkungan FMIPA. Acara peresmian ditutup dengan santap siang bersama.

Dosen Departemen Fisika berfoto di Physics Park

Lokasi physics park di dekat Laboratorium Fisika yang dulunya adalah laboratorium fisika dasar. Pembangunan physics park dikerjakan selama 3 bulan. Bapak Syukur Polanunu dan Bapak Ahmad Muhtaan Yusran Hilmie terlibat aktif langsung dalam proses pembangunan physics park yang memiliki luas sekitar 60 m2. Di dalamnya terdapat tanaman, rumput, saung, gambar beberapa peraih nobel fisika di temboknya. Physics park dilengkapi juga dengan tiga buah meja kursi sebagai sarana diskusi. mahasiswa.     

Diharapkan segenap sivitas akademika berperan aktif menjaga dan memelihara physics park. Semoga physics park menyejukkan lingkungan kampus dan menambah semangat aktivitas mahasiswa di kampus.