Home » Fisika S2

Fisika S2


LATAR BELAKANG

Jurusan Fisika FMIPA Universitas Hasanuddin memiliki empat program studi, yaitu S1 Fisika, S1 Geofisika, S2 Fisika dan S2 Geofisika.
Program S2 Fisika bertujuan untuk membina dan mengembangkan penelitian fisika yang berfokus pada pengembangan material, energi dan sistem informasi.

VISI

Menjadi program yang handal dalam pengembangan ilmu fisika dengan fokus pada kajian teoretis dan eksperimental tentang material dan energi baru terbarukan serta sistem informasi.

MISI

  1. Melaksanakan pendidikan dan penelitian bermutu dalam bidang fisika untuk penemukenalan material baru bagi teknologi.
  2. Melaksanakan pendidikan dan penelitian bermutu dalam bidang fisika untuk pengembangan energi baru dan terbarukan.
  3. Melaksanakan pendidikan dan penelitian bermutu untuk pengembangan sistem informasi guna pengelolaan sumber daya alam secara efisien, ramah lingkungan dan berkelanjutan.
  4. Melaksanakan pendidikan dan penelitian bermutu untuk pengembangan sistem informasi guna pengelolaan sumber daya alam secara efisien, ramah lingkungan dan berkelanjutan.

  5. Memajukan dan mengaplikasikan ilmu fisika untuk kesejahteraan masyarakat secara umum dan kepentingan nasional.

TUJUAN

  1. Menghasilkan magister fisika yang handal dalam pengembangan penelitian fisika teoretik dan eksperimen untuk kebutuhan teknologi material cerdas dan energi baru.
  2. Menghasilkan magister fisika dengan kemampuan handal untuk studi doktoral atau studi mandiri untuk pengembangan fisika mutakhir.
  3. Menghasilkan magister fisika dengan kemampuan memecahkan masalah menggunakan teori dan metode fisika atau lintasdisiplin.
  4. Mengembangkan penelitan-penelitian lanjut (advanced) dan terspesialisasi khususnya dalam bidang material dan energi baru serta sistem informasi.

LEARNING OUTCOMES

Mampu mengembangkan IPTEKS terkait gejala dan masalah fisis melalui analisis dan sintesis hasil riset.
Mampu mengembangkan model matematis dan atau model fisis dengan pendekatan inter- atau multidisiplin untuk memecahkan masalah IPTEKS terkait dengan fisika.
Mampu mengelola riset dan mengembangkan keilmuan fisika atau fisika terapan untuk menghasilkan model/metode/teori yang teruji dan inovatif, serta mempublikasikannya pada forum atau jurnal ilmiah Nasional/lnternasional.

SARANA DAN PRASARANA