Home » Berita » Fisika Unhas Ikuti Kuliah Prof. Gerard ‘t Hooft

Fisika Unhas Ikuti Kuliah Prof. Gerard ‘t Hooft

thoooft01

Tanggal, 1 November Kuliah pemenang Nobel bidang Fisika Gerard ‘t Hooft, dilangsungkan di Ruang Senat Universitas Hasanuddin dalam bentuk konferensi jarak jauh (teleconference) dari Kampus ITB Bandung. Prof. ‘t Hooft mengunjugi ITB sebagai Keynote Speaker dalam The 6th International Connference on Mathematics and Natural Scinces. Ruang Senat yang dipadati oleh para peminat Fisika, terdiri atas dosen dan mahasiswa serta sejumlah tamu dari luar menikmati kuliah yang tergolong langka ini. Terdapat sejumlah Universitas yang ikut berpartisipasi dalam kuliah jarak jauh ini: ITB sebagai tuan rumah, UGM, IPB, ITS, UM Malang dan Unhas sebagai satu-satunya Univeristas di Luar Jawa.

Topik yang dibawakan cukup konferensif: Explaining the Laws of the Universe – Challenges in Physics Research and Education. Menjelaskan aspke yang terkait dengan materi dan enerrgi serta strukturruang waktu. Penjelasan diawali dengan peristiwa yang terjadi di Matahari, yang ternyata dapat dikaji secara multi-disiplin sebab menyangkutkan Fisika partikel, nuklir, zat mampat, energi serta informasi. Uraian selanjutnya mengulas standard model, yang oleh Prof. ‘t Hooft disebutnya sebagai Teori Standard.

Terdapat sesi diskusi dimana moderator, Prof. Umar Fauzi, yang juga dekan FMIPA ITB, mempersilahkan masing-masing peserta telekonferense. Kesempatan pertama diberikan kepada Unhas yang disusul oleh ITS, UGM, dan IPB. Dr. Tasrief Surungan menaggapi pernyataan Prof. ‘t Hooft yang menyebut Model Standar debagai Teori Standar. Dalam Tanggapannya, Hooft meneyebut bahwa itu adalah sebagai bentuk apresisasi keilmuan atas kesuksesan model itu dalam banyak aspek, terlepas sejumlah masalah yang masih sedang digeluti.

Kuliah ini berlangsung hampir dua jam, mulai dari Jam 10.30 WIB. Peserta yang sebagian besar mahasiswa merasa mendapat kesempatan emas, hadir dalam perkuliahan yang diantarkan langsung oleh pemenang Hadiah Nobel. Siapa tahu, kelak dari Unhas di masa depan juga ada yang dapat mencapat anugrah seperti itu.
(Adm01)