Fisika Teken MOU dengan Washington University

Kerja sama riset secara internasional merupakan unsur penting bagi pendidikan tinggi guna peningkatan visibilitas dan perannya secara global. Di penghujung Tahun 2019, tepatnya Bulan November,
Departemen Fisika Unhas menjalin kerjasama riset dengan salah satu Universitas penting di Amerika Serikat, yaitu Washington University (WashU) di St. Louis, negara bagian Missouri.
Kerjasama ini ditandatangani oleh kedua Ketua Departemen Fisika dari kedua Universitas, masing-masing Dr. Arifin, MT dari Departemen
Fisika Unhas dan Prof. Mark G. Alford dari WashU.

Poin utama kerjasama meliputi riset dalam bidang fisika material (Condensed Matter Physics) yang implementasinya berupa pertukaran hasil-hasil riset dan hosting peneliti tamu serta publikasi bersama.
Dalam nota kesepakatan ditunjuk dua orang koordinator, masing-masing Prof. Tasrief Surungan dan Prof. Zohar Nussinov yang mewakili untuk Fisika Unhas dan WashU.
Kedua guru besar ini sudah menjalin kolaborasi
riset lebih awal, yaitu melalui hibah riset World Class
Professor (WCP), yang pendanaannya dari Kemenristekdikti,
Direktorat Jenderal Sumber Daya IPTEK dan Pendidikan Tinggi.
Melalui program ini Prof. Nussinov telah berkunjung ke Unhas
pada September Tahun 2019 yang lalu. Selama berada
di Unhas, mitra WCP melakasanakan sejumlah kegiatan akademik,
antara lain menjadi nara sumber dalam Workshop, pembicara
dalam Colloquium mingguan di Departemen Fisika dan memberi kuliah tamu pada program Magister Fisika Unhas.
Selain itu, Prof. Zohar juga melakukan
pembimbingan tugas akhir terhadap mahasiswa.
Padanan dari kegiatan ini adalah kunjungan oleh
Prof Tasrief Surungan ke WashU selaku visiting professor.
Selama di WashU, Prof. Surungan melakukan riset
kolaborasi dengan grup riset Prof. Nussinov.

Sementara ini sedang dijajagi kemungkinan Prof. Nussinov untuk
diangkat sebagai Professor tamu pada Program Magister Departemen
Fisika Unhas, yang secara efektif mulai berlaku dalam tahun 2020.

Kerjasama riset antara kedua departemen ini disepakati
berlangsung hingga 31 Desember Tahun 2024, dan dapat
diperluas ke tingkat berikutnya berdasarkan kesepakatan kedua
belah pihak. Selamat buat Departemen Fisika, semoga semakin
kontributif dalam menjadikan Unhas sebagai the real World Class University. (Adm01)

Tim Dosen Fisika FMIPA Unhas Gelar Pelatihan di Kabupaten Bone

Tim Dosen Fisika FMIPA Unhas menggelar pelatihan dalam rangka Pengabdian Masyarakat di SMAN 3 Bone

Sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tim dosen Fisika FMIPA Unhas melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di SMAN 3 Bone, Sabtu (2/8/2019).

Kegiatan  yang diketuai Dr. Arifin, MT mengambil tema “Pelatihan Rancang Buat LED Running Text Berbasis Mikrokontroler untuk Meningkatkan Kewirausahaan Siswa SMAN 3 Bone”.

Pelatihan yang dimulai pada pukul 9.00 Wita ini, dibuka langsung  Kepala SMAN 3 Bone Drs. A. Abd. Gaffar, MM dilanjutkan dengan ceramah ilmiah oleh Prof. Dahlang Tahir, M.Si. dengan materi “Energi Baru dan Terbarukan”.

Setelah itu Prof. Bualkar Abdullah, M.Eng.Sc tampil dengan materi “Elektronika Digital” dan Prof. Syamsir Dewang, M.Eng.Sc. dengan materi “Kewirausahaan”.

Kegiatan dilanjutkan kembali pada pukul 14.00 Wita dengan materi “Pelatihan Rancang Buat LED Running Text Berbasis Mikrokontroler” yang dipimpin langsung ketua tim dan dibantu  Muh. Amzar, M.Sc. dan Ida Laila dengan jumlah peserta sekitar 70 orang dari siswa dan guru.

Pelatihan berjalan dengan lancar, siswa dan guru membuat rangkain LED dan LCD dengan tulisan berjalan yang diatur di komputer dan dilanjutkan dengan pelatihan pengontrolan LED Running Text berbasis mikrokontroler dengan pengaturan tulisan di smartphone.

Kegiatan yang didanai dari dana hibah PKM LP2M Unhas berakhir pada pukul 16.00. Acara penutupan ditandai dengan penyerahan hasil karya siswa berupa LED Running Text berbasis Mikrokontroler dengan tulisan selamat datang di SMAN 3 Bone yang diatur melalui smartpone. Hasil karya tersebut dipajang di sekolah dan dapat dijadikan sebagai alat praktikum siswa SMAN 3 Bone.

Berita disadur dari http://beritakotamakassar.fajar.co.id/berita/2019/08/07/tim-dosen-fisika-fmipa-unhas-gelar-pelatihan-kabupaten-bone/