Home » Elektronika dan Instrumentasi

Elektronika dan Instrumentasi

Kelompok keahlian Fisika Elektronika dan Instrumentasi PSF Universitas Hasanuddin memiliki beberapa mata kuliah pilihan yang ditawarkan, diantaranya: Mikroprosesor, Mikrokontroller dan Antarmuka, Kontrol Otomatis, Elektronika Lanjut, Instrumentasi Medik. Mata kuliah instrumentasi medik adalah mata kuliah wajib bagi mahasiswa yang mengambil peminatan Fisika Medik. Kelompok keahlian Elektronika dan Sistem Instrumentasi memiliki beberapa topik riset, diantaranya: antena, sensor, alat ukur berbasis elektronika.

Kepala Kelompok Keahlian: Dr. Arifin, M.T.
Anggota Kelompok Keahlian adalah:
1. Dr. Bualkar Abdullah, M.Eng.Sc.
2. Dra. Bidayatul Armynah, M.T.

Beberapa judul skripsi mahasiswa kelompok keahlian elektronika dan sistem instrumentasi adalah:
1. Rancang Bangun Sensor Arus Listrik Berbasis Serat Optik Plastik oleh Yeti Ariyani tahun 2017.
2. Sistem Penerangan Rumah Menggunakan Light Emitting Diode (LED) Bertenaga Surya oleh Juritno tahun 2017.
3. Sensor Serat Optik Plastik Berbasis Modulasi Intensitas Cahaya untuk Pengukuran Massa oleh Yusran tahun 2016.
4. Perancangan dan Pemuatan Antena Mikrostrip Slot Bowtie Ganda Satu larik dengan Coplanar Waveguide untuk Aplikasi GPS pada Frekuensi 1,575 GHz oleh Ahmad Ramadhanan tahun 2016.
5. Sensor Berbasis Serat Optik Plastik untuk Pengukuran Glukosa pada Darah dan Larutan Gula oleh Rosdia tahun 2016.
6. Pembuatan Superkapasitor menggunakan Arang Aktif dari Tempurung Kelapa dengan Separator Serutan Kayu oleh Nurul Sarina Muchtar tahun 2016
7. Desain dan Implementasi Sistem Alat Ukur Kelembaban Tanah oleh Djunaiddin tahun 2015.
8. Rancang Bangun Peralatan Monitoring Radiasi Sinar-X di Ruang Radiodiagnostik Berbasis Mikrokontroller Atmega 16 oleh Abdul Anrifail tahun 2015.
9. Rancang Bangun Prototipe Robot Penejelajah Berbasis Mikrokontroller Arduino Duemilanove dengan Antar Muka LabView oleh Muhammad Amzar tahun 2014
10. Identifikasi Karakter Temporal dan Potensial Listrik Statis dari Kompleks QRS dan Segmen ST EKG pada Penederita Kelainan Jantung Left Ventricular Hypertrophy oleh Hariati tahun 2014.

elektro2

elektro1