Home » Berita » Kuliah Umum Ketua Lapan Mengawali Rangkaian The 6th ICTAP

Kuliah Umum Ketua Lapan Mengawali Rangkaian The 6th ICTAP

lapan

Hari Senin Tanggal 19 September 2016 dilaksanakan kuliah umum yang menghadirkan pembicara kunci Prof. Thomas Djamaluddin (Kepala Lapan), Prof. Triyanta (Guru Besar Fisika Teoretik ITB), Dr. Isnaeni (Pusat Penelitian Fisika LIPI) dan Dr. Camelia Panatarani (Fisika Unpad). Acara ini merupakan rangkaian kegiatan The 6th International Conference on Theoretical and Applied Physics (ICTAP) dan Simposium Fisika Nasional XXIX. Acara yang berlangsung di Gedung Ipteks, Kampus Unhas Tamalanrea ini dihadiri oleh Civitas Akademika Jurusan Fisika dan Sejumlah undangan, termasuk mahasiswa dan dosen dalam lingkup Fakultas MIPA dan Fakultas Teknik.

Setelah laporan ketua panitia, Prof. Dahlang Tahir dan sambutan ketua Departemen Fisika Tasrief Surungan, PhD acara kuliah umum ini dibuka oleh Dekan Fakultas MIPA Unhas, Dr. Eng. Amiruddin. Dalam sambutannya, Dekan menjelaskan sejumlah kemajuan yang dicapai oleh Fakultas MIPA, termasuk untuk tahun ini terlah dibuka program Master Fisika dan Geofisika pada Jurusan Fisika FMIPA Unhas. Acara ini merupakan semacam pemanasan (Warming-Up) bagi Konferensi Internasional Fisika yang akan dibuka pada hari berikutnya.

Prof. Thomas Djalamuddin yang tampil pertama menjelaskan Misi dan Visi LAPAN serta tujuh program utama LAPAN dan hasil-hasil yang telah dicapai. Prof. Triyanta sebagai pembicara kedua membawakan Teori Gravito-elektromagnetisme dan Teleparallel Gravitasi. Sementara dua pembicara terakhir membawakan kuliahnya pada sesi kedua, yaitu setelah istirahat siang. Dr. Isnaeni membawakan materi teknologi nanopartikel dan aplikasinya, sedangkan Dr. C. Panatarani mengulas perkembangan material maju untuk energi baru dan terbarukan. Usai Acara, sejumlah peserta mengikuti Sidang Tahunan HFI yang digelar di Hotel Dalton Makassar. Acara dibuka oleh ketua HFI pusat Prof. Mitra Djamal, yang kemudian dilanjutkan dengan Welcoming Party untuk peserta The 6th ICTAP dan SFN XXIX.