Home » Kuriukulum S1 Fisika

Kuriukulum S1 Fisika

kurikulum

PSF menyelenggarakan pendidikan tingkat sarjana bidang fisika. Gelar yang dimiliki seorang sarjana yang tamat dari program studi fisika adalah S.Si (Sarjana Sains). Masa studi normal mahasiswa PSF adalah delapan semester.
Berdasarkan pada rumusan learning outcomes sesuai KKNI, tipe kurikulum PSF berbasis kompetensi sesuai PERMENDIKNAS No. 232/U/2000 dan No. 045 / U / 2002. PSF menyediakan 82 mata kuliah dengan jumlah kredit 206 SKS. Untuk menjadi sarjana, seorang mahasiswa PSF menempuh minimal 144 SKS dengan masa studi normal empat tahun. Daftar mata kuliah PSF berdasarkan kompetensi diuraikan dalam lampiran 1. PSF memiliki 110 SKS mata kuliah wajib dan 96 SKS mata kuliah pilihan.

Kurikulum yang digunakan PSF saat ini adalah kurikulum yang dibuat tahun 2014. Di kurikulum 2014, kompetensi meliputi: Kompetensi Utama, Kompetensi Pendukung dan kompetensi lannya yang sesuai dengan visi, misi, tujuan dan masukan dari stakeholder dan alumni. Kurikulum tahun 2014 memuat kompetensi yang cakupan dan kedalaman materi serta pengorganisasiannya mendorong terbentuknya hard skills dan soft skills. Di dalam kurikulum PSF tahun 2014 memuat kajian menyangkut ipteks yang berorientasi masa depan.

Bidang kajian di PSF FMIPA Unhas terdiri dari:

1. Fisika Teoretik dan Komputasi (FTK)
2. Fisika Material dan Energi (FME)
3. Fisika Optik dan Spektroskopi (FOS)
4. Fisika Instrumentasi dan Elektronika (FIE)
5. Fisika Medik (FM)
6. Kajian Non Fisika (KNF)

Capaian pembelajaran dari PSF FMIPA Unhas dikelompokkan menjadi empat, yaitu:

1. Sikap
2. Pengetahuan
3. Keterampilan umum
4. Keterampilan khusus

Profil lulusan PSF FMIPA Unhas adalah menjadi akademisi, peneliti dan problem solver.