Home » Mahasiswa

Mahasiswa

Beberapa jalur masuk Program Studi Fisika tersedia, diantaranya: SNMPTN, SBMPTN, jalur non subsidi, dan jalur POSK. Daya tamping PSF setiap tahun 65 mahasiswa. Ada 626 pelamar PSF setiap tahun sejak tahun 2012 sampai tahun 2016. Rata-rata IPK lulusan reguler adalah 3,206.

Di dalam PSF, mahasiswa mendapatkan sejumlah pelayanan, diantaranya: bimbingan dan konseling, minat dan bakat, soft skills, beasiswa, kesehatan. Layanan bimbingan dan konseling dilaksanakan dalam bentuk konseling yang tersedia di Pusat Bimbingan dan Konseling oleh LKPP, bimbingan oleh dosen Penasehat Akademik, bimbingan Tugas Akhir. Pembinaan minat dan bakat diwujudkan dalam kegiatan Pelatihan Olimpiade Fisika dan Kelompok Studi Mahasiswa Quantum. Pembinaan Soft Skills diberikan dalam bentuk Basic Study Skills dan Latihan Dasar Kepemimpinan.Beberapa lembaga pemberi beasiswa kepada mahasiswa PSF adalah Kementerian Ristek dengan beasiswa Bidik Misi, Pemerintah Kabupaten,  Yayasan Toyota Astra, Supersemar, BCA.

Himpunan Mahasiswa Fisika menjadi wadah pelatihan kegiatan organisasi bagi mahasiswa. Periode kepengurusan Himafi adalah satu tahun. Oleh Universitas, Himafi disediakan ruang seluas 42 m2. Beberapa kegiatan Himafi adalah kegiatan kebersihan dan pelestarian lingkungan bersama masyarakat di Tanjung Bayang, Makassar pada tahun 2015, kegiatan Temu Civitas Akademika, kegiatan promosi Departemen Fisika ke SMA-SMA di daerah, kegiatan perlombaan fisika tingkat SMP dan SMA, kegiatan seminar nasional fisika. Informasi lebih lengkap dapat dilihat pada website resmi Himafi FMIPA Unhas.

Mahasiswa PSF mencetak beberapa prestasi di tingkat lokal, nasional dan internasional. Mahasiswa PSF melakukan student exchange, international school, mendapatkan bantuan pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa dari Pemerintah Pusat, meraih hadiah dalam lomba karya tulis dan lain-lainnya.