Home » Material dan Energi

Material dan Energi

Kelompok keahlian Fisika Material dan Energi dipimpin oleh Kepala Laboratorium dan beranggotakan dosen fisika, laboran, mahasiswa yang sedang melakukan penelitian bidang material dan energi. Kegiatan ini merupakan Kelompok Keahlian Fisika Material dan Energi.

Mata kuliah yang berada dalam kelompok keahlian ini adalah Fisika Zat Padat, Fisika Material, Fisika Keramik, Fisika Akustik, Energi Terbarukan, Fisika Semikonduktor.

Kepala kelompok keahlian: Prof. Dr. Dahlang Tahir, M.Sc.
Anggota kelompok keahlian:
1. Dr. Paulus Lobo G., M.Sc
2. Dr. Nuralela Rauf, M.Sc
3. Dr. Sri Suryani, DEA

Beberapa judul skripsi mahasiswa di kelompok keahlian Fisika Material dan Energi adalah:
1. Karakteristik Struktur Kristal Fotonik Cangkang Kerang (Haliotis Glabara) dan Aplikasinya untuk Sensor Indeks Bias dan Temperatur oleh Ade Rizki Fauziah tahun 2017.
2. Pembuatan Prototipe Dye Synthesized Solar Cell menggunakan Antosianin Daun Jati dan Bunga Krisan Merah oleh Ruzaini H. Abidin tahun 2017.
3. Sintesis Nanopartikel Perak dengan Metode Pulsed Laser Ablation in Liquid oleh Fitriah Mujtahid tahun 2017.
4. Karakterisasi Nanopartikel Titanium Oksida Doping Besi dengan Variasi Konsentrasi Doping menggunakan Metode Kopresipitasi oleh Valerianzi Palentek tahun 2016.
5. Pembuatan Superkapasitor menggunakan Arang Aktif dari Tempurung Kelapa dengan Separator Serutan Kayu oleh Nurul Sarina Muchtar tahun 2016.
6. Studi Sifat Fisis Komposit Karbon Berbasis Aspal dan Arang Serbuk Gergaji oleh Satriana Sattar tahun 2015.
7. Sintesis Cobalt Ferrite menggunakan Metoda Kopresipitasi dengan Mengoptimalkan Durasi Pengadukan dan Penentuan Sifat Strukturnya oleh Debby Novita Lalang tahun 2015.
8. Sintesis Magnetite menggunakan Metode Kopresipitasi dan Karakterisasi Sifat Struktur dengan Memvariasikan Suhu Sintesis oleh Adriany Massarang tahun 2015.
9. Karakterisasi Arang Ampas Tebu sebagai Bahan Biobriket dengan Memvariasikan Waktu Karbonisasi oleh Harlinah Hasanuddin tahun 2015.
10. Pengaruh Konsentrasi Seng Asetat Dehidrat terhadap Sifat Optik dan Struktur Kristal ZnO oleh Sri Syamsuluri tahun 2014.

material1

material2