Home » Optik dan Spektroskopi

Optik dan Spektroskopi

Pada awalnya, kelompok keahlian ini bernama KK Optik dan Aplikasi Laser yang keberadaannya dimulai pada tahun 1999. Seiring dengan perkembangan optik, pada tahun 2002 kelompok keahlian ini berubah menjadi KK Optik dan Spektroskopi.
Keberadaan KK ini ditunjang oleh beberapa alat antara lain : Laser He-Ne 2 buah (sekarang sudah tidak berfungsi, beberapa metode pengamatan yaitu : Inferometer Mach Zender, Inferometer Fabri Ferot dan lainnya seperti meja optik, holder untuk lensa dan cermin, optical power meter yang dipakai bersama dengan KK Elektronika dan Sistem Instrumentasi. Dalam KK ini juga disediakan ruang gelap (optik) untuk aktivitas optik yang biasanya menyesuaikan kamar gelap.

Kepala kelompok keahlian: Prof. Dr. Syamsir Dewang
Anggota kelompok keahlian:
1. Bannu S.Si, M.Si
2. Sri Dewi Astuti Ilyas, S.Si, M.Si

Beberapa judul skripsi mahasiswa Kelompok Keahlian Optik dan Spektroskopi adalah:
1. Analisis Kuantisasi Warna LED dan Paduan Warna Laser Menggunakan Chromaticity Diagram CIE 1931 oleh Selvina tahun 2017.
2. Analisis Resolusi Kontras Citra CT Scan menggunakan Phantom American College of Radiology oleh Hasnani tahun 2017.
3. Penentuan Konsentrasi dan Nilai Faktor Trensfer Radionuklida Alam dari Tanah ke Kopi Toraja menggunakan Spektrometer Gamma oleh Meirisa Ambilinggi tahun 2017.
4. Penentuan Konsentrasi Radionuklida Alam dalam Bahan Bangunan oleh Hendrik Arif tahun 2016.
5. Konsetrasi Gas Radon dan Thoron di Tanah dan Udara menggunakan Rad7 di Desa Takandiang Kecamatan Tasalang Kabupaten Mamuju oleh An Nisa Tenri Maya tahun 2016.
6. Analisis Unsur Debu di Lima Titik Kota Makassar Menggunakan XRF oleh Ruman B. Rantegau tahun 2016.
7. Analisis Kandungan Sagu dengan Peralatan XRF dan FTIR oleh Liayyil Liyaomil F. tahun 2016.
8. Pengukuran Konsentrasi Radon 222 dan Thorium menggunakan Jejak Nuklir Cr-139 di Goa Londa dan Goa Kete’ Kesu oleh Martono Manda tahun 2016.
9. Pengukuran Dosis Paparan Radiasi terhadap Pekerja Radiasi Unit Brachytheraphy dengan menggunakan dosimeter Termoluminesensi oleh Nengsi Patandung tahun 2015.
10. Pemetaan Penyebaran Kebisingan yang Dihasilkan oleh Pabrik P. T. Semen Tonasa Pangkep oleh Jaya Suharja tahun 2015.

optik1

optik2