Home » Berita » Perode September 2016, Tujuh Wisudawan

Perode September 2016, Tujuh Wisudawan

Jurusan Fisika FMIPA Unhas yang kini mengasuh empat prodi, (S1 dan S2 Fisika dan Geofisika) kembali menelorkan Sarjana. Tujuh orang Calon Wisudawan Jurusan Fisika untuk periode September 2016, terdiri atas sarjana S1 Fisika 4 orang dan Geofisika 3 orang. Program Magister (S2) Fisika dan Geofisika belum menghasilkan alumni karena baru menerima mahasiswa angkatan pertama dalam Tahun 2016. Yudisium yang berlangsung di Ruang Rapat Jurusan pada Selasa 6 September 2016, dihadiri oleh calon wisudawan, dosen dan Ketua Jurusan, Dr. Tasrief Surungan. Yudisium sebagai acara resmi pelepasan alumni oleh Jurusan telah menjadi tradisi sebelum wisuda universitas. Acara ini biasanya diisi oleh penyampaian pesan dan kesan oleh para dosen dan alumni, termasuk oleh unsur pimpinan jurusan.

Ketua Jurusan dalam sambutannya menggaris bawahi pentingnya alumni untuk senantiasa mengembangkan kapasitas diri sehingga dapat memaksimalkan kontribusinya ke masyarakat. Ini terkait dengan tujuan pendidikan tinggi, yaitu menghasilkan alumni yang mampu belajar mandiri secara berkelanjutan. Ilmu yang diperoleh selama ini harus dapat menjadi modal dasar bagi kehidupan kemasrakatan, demikian Ketua Jurusan.

Di bagian lain, Nur Hasanah, M.Sc., salah seorang dosen Jurusan Fisika menyampaikan perlunya para alumni memiliki wawasan futuristik. Masa lalu dapat menjadi bahan pelajaran, tetapi masa depan adalah sesuatu yang akan dihadapi dan perlu diantsipasi, demikian Master Astronomi dari ITB ini. Sebelum penutupan, semua calon wisudawan menyampaikan kesan dan pesan. Secara umum alumni menyampaikan pesan agar fasilitas pembelajaran dapat semakin ditingkatkan kualitasnya terutama
sarana Laboratorium.

Dengan tambahan 7 wisidawan periode September, berarti untuk Tahun 2016 tercatat 40 Alumni. Kecenderungan bahwa pada periode Wisuda Desember, jumlah wisudawan cenderung meningkat, maka diperkirakan Total wisudawan hingga pada akhir Tahun berkisar 70 atau 80 orang. Capaian ini menunjukkan bahwa ratio kelulusan di Jurasan Fisika masih perlu peningkatan, sebab jumlah mahasiswa Baru setiap tahun berkisar 80 orang. Seharunya, secara rata-rata jumlah mahasiswa yang diterima setiap tahun setara dengan jumlah yang diluluskan.

Jurusan mengucapakan selamat buat para alumni Jurusan Fisika untuk periode September 2016, semoga ilmu yang diperoleh dapat dikembangkan untuk kemaslahatan orang banyak, Nusa dan Bangsa. (adm01)