Home » Profil » Sejarah

Sejarah

Jurusan Fisika (JF) didirikan bersamaan dengan pembukaan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengatahuan Alam (MIPA) pada Tanggal 17 Agustus 1963 berdasarkan SK PTIP No. 102 Tahun 1963. Fakultas MIPA sendiri dewasa ini memiliki empat jurusan yaitu: Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Pada awal pembukaannya, JF lebih berfungsi sebagai unit pelayanan pengajaran fisika bagi program studi lain di Universitas Hasanuddin (UNHAS). Baru pada pada tahun 1973, JF membuka program sarjana muda, disusul kemudian pada tahun 1981 pembukaan program sarjana S1. Sebagai unit lembaga pendidikan tinggi, JF mengemban misi pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang mengacu pada penelitian ilmiah, teknologi dan seni, khususnya dalam kaitannya dengan bidang fisika, demi peningkatan kualitas kesejahteraan umat manusia.

Jurusan fisika mengasuh dua program studi (Prodi), yaitu Prodi Fisika (PSF) dan Prodi Geofisika (PSG), dan program konsenrasi Fisika Medik. JF memiliki 30 dosen, masing-masing 14 orang
untuk PSF dan 16 orang PSG. Hingga Juni 2016, Jurusan Fisika telah menghasilkan 1245 alumni, dengan rincian 616 alumni bidang Fisika (termasuk 75 orang Fisikawan Medik), dan 529 alumni Geofisika.