Home » Teori dan Komputasi

Teori dan Komputasi

Kelompok Keahlian Fisika Teori dan Komputasi menaungi dua bidang, yaitu: fisika teori dan fisika komputasi. Diskusi yang dilakukan antara mahasiswa dengan dosen setiap minggu adalah kegiatan kelompok keahlian ini. Diskusi membahas program kreativitas mahasiswa, pengenalan bahasa pemrograman, pengenalan riset-riset mahasiswa. Mata kuliah pilihan yang masuk kelompok keahlian ini adalah Aljabar Linier, Teori Perubahan Fase, Pengantar Linux, Pengantar Pemrograman Internet, Teori Relativitas Umum, Mekanika Kuantum, Dinamika Non Linier, Pengantar Teori Medan Kuantum.

Kepala kelompok keahlian: Prof. Dr. rer-nat Wira Bahari Nurdin
Anggota kelompok keahlian adalah:
1. Dr. Tasrief Surungan
2. Drs. Bansawang BJ, M.Si,
3. Eko Juarlin, S.Si, M.Si
4. Nur Hasanah, S.Si, M.Si
5. Azwar Sutiono, S.Si, M.Si

Beberapa judul skripsi mahasiswa kelompok keahlian Fisika Teori dan Komputasi adalah:

1. Pengembangan Paket Aplikasi Pengenal Wajah Melalui Analisis Citra Digital Mata oleh Febrianto Paais tahun 2017.
2. Penentuan Fungsi Struktur Proton dari Proses Deep Inelastic Scattering e+p→e+X menggunakan Model Quark-Parton oleh Muhammad Fauzi tahun 2017.
3. Analisis Citra Darah Trombosit oleh Christina Dua Padang tahun 2017.
4. Solusi Numerik Persamaan Maxwell dalam Material menggunakan Finite Difference Time Domain (FDTD) oleh Rahmi tahun 2017.
5. Studi Perubahan Fase Spin Gelas Model Ising pada Kisi Kuasi 2D oleh Muh. Juang Muchtar tahun 2016.
6. Solusi Vakum Persamaan Medan Einstein untuk Benda Simetri Aksial Stasioner menggunakan Persamaan Ernst oleh Alditya Gema Sukma tahun 2016.
7. Lintasan partikel Bermuatan untuk Lubang Hitam Reissner-Nordstrom dalam Kosmologi Friedman-Robertson-Walker oleh M. Fachrul tahun 2016.
8. Analisis Penurunan Rumus Penentuan 1 Syawal dalam Penanggalan Hijriah berdasarkan Hisab Muhammadiyah oleh Lili Auliah Arifin tahun 2016.
9. Sifat Kritis Model Magnetik Simetri Polyhedral pada Kisi Segitiga oleh Muhammad Jufrin tahun 2015.
10. Solusi Numerik Persamaan Schrodinger Bergantung Waktu menggunakan Finite Difference Time Domain (FDTD) oleh Williana tahun 2014.